Kecipratan Air di Curug Cileat

by - August 31, 2018

Pingin liburan dengan low budget dan tanpa macet? Jalan-jalan di kota tempat kita tinggal bisa jadi pilihan loh.

Liburan lebaran kemarin, aku dan gank-ku (read: saudara) pergi ke salah satu curug (air terjun) yang ada di kotaku. Curug Cileat namanya. Curug yang berada di Kampung Cibago, Desa Mayang, Kecamatan Cisalak, Kabupaten Subang ini katanya sih ketinggiannya mencapai lebih dari seratus meter. Jarak yang harus kita tempuh untuk mencapai Curug Cileat sekitar lima kilometer dari tempat parkir kendaraan yang disediakan di tempat wisata ini dengan waktu tempuh kurang lebih dua jam. Lumayan bikin pegal kaki sih, tapi percayalah semua akan terbayar saat kita sampai di Curug Cileat.

Kami memulai perjalanan dari tempat parkir sekitar pukul sebelas siang. Oia, tarif parkir di tempat ini Rp. 5.000/ kendaraan dan biaya tiket masuknya Rp. 5.000/ orang, liburan murah meriah banget kan? :p 

Ada dua rute untuk bisa sampai ke tujuan. Rute area pesawahan dan rute hutan. Kali ini kami menggunakan rute pesawahan. Eits jangan anggap enteng rute area pesawahan sebelum mencoba sendiri yaa.

Pemandangan sepanjang perjalanan

Perjalanan dimulai dengan melewati area pesawahan warga, kemudian masuk ke area hutan alami kaki Gunung Canggah dengan jalan yang menanjak. Jalur yang harus kami tempuh lumayan ekstrem. Di sisi kanan terdapat tebing dan pohon-pohon yang rimbun, sedangkan di sisi kiri terdapat jurang. Jadi untuk bisa mencapai Curug Cileat kami harus menyiapkan tenaga yang cukup.

Area pesawahan warga

Namun untuk yang gampang capek dan laperan, jangan khawatir. Di sepanjang jalan ada beberapa warung yang menjual makanan dan minuman. Mamang cuanki juga ada loh. Selain itu, ada juga sebuah saung yang menyediakan toilet, tempat istirahat dan mushola. Kami pun sempat istirahat disana.

Adik sepupu, keponakan, adik, kakak sepupu di area saung tempat istirahat.

Selama perjalanan menuju Curug Cileat, kami menjumpai empat curug lainnya, yaitu Curug Citorok yang memiliki ketinggian sekitar 70 meter, Curug Cimuncang yang memiliki ketinggian 80 meter dan Curug Cimuncang Pasir yang ketinggiannya mencapai 90 meter. Sedangkan Curug Anak Cileat berada di sebelah Curug Cileat.

Waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke Curug Anak Cileat dan Curug Cileat dari Curug Cimuncang Pasir sekitar 45 menit. Dan begitu sampai di Curug Cileat, hawa dingin langsung kami rasakan. Percikan air terjunnya pun membuat kami menggigil. Kolam alami yang berada tepat di bawah air terjun memiliki air yang sangat jernih dan dingin. Sebentar saja berada di kolam tersebut membuat kami kedinginan.

Curug Cileat dan Curug Anak Cileat

Curug Anak Cileat



Setelah puas merasakan air terjun yang dingin, perut kami pun merasakan lapar. Kami langsung naik ke atas dan menghampiri warung yang ada disana. Semangkuk mie instan dan segelas kopi panas berhasil mengisi tenaga kami untuk melakukan perjalanan pulang.

Bagaimana, tertarik untuk mendatangi Curug Cileat?

You May Also Like

1 comments