Kursus Online di Udemy

by - March 03, 2018


Tahun lalu seorang teman memberi informasi tentang sebuah platform kursus online yang bernama Udemy. Udemy ini merupakan pasar khusus bagi kursus online. Karena Udemy merupakan sebuah pasar, maka kursus yang tersedia disini tidak diproduksi oleh Udemy, melainkan oleh para profesional yang memang ahli di bidangnya.

Berbagai macam kursus ditawarkan disini, mulai dari bidang marketing, business, IT & software, personal development, design, photography, music dan lain-lain. Kita bisa memilih kursus mana yang sesuai dengan minat, tingkatan dan anggaran yang kita punya. Oh iya, disini juga banyak free online course loh. Dan aku termasuk salah satu pengkoleksi kursus gratisannya Udemy. Hehe. Biasanya kursus yang gratisan ini punya limited time dan limited quantity jadi harus cepat-cepat enroll sebelum terlambat, kalau belajarnya sih bisa kapan aja. Kemudahan lain yang diberikan oleh Udemy adalah adanya mobile apps baik di Android ataupun iOS, jadi kita bisa belajar dimana saja dan kapan saja.
Gak semua kursus yang ada di Udemy itu bagus, ada juga yang biasa saja. Maka dari itu kita harus jeli dalam memilih kursus yang akan kita ambil. Bagus atau tidaknya sebuah kursus dapat dilihat dari rating. Rating tertinggi di Udemy adalah 5 bintang. Kursus yang bagus biasanya memiliki rating di atas 4 bintang. Selain itu, kursus yang bagus juga dapat dilihat dari jumlah orang yang mengikuti kursus tersebut. Semakin banyak jumlah peserta kursusnya maka semakin baik kualitasnya. Kita juga bisa melihat preview mengenai sebuah kursus untuk menentukan apakah kursus tersebut cocok dengan kita atau tidak.

Nah, sekarang aku akan cerita sedikit tentang course pertama yang aku ambil di bidang photography, tapi belum kelar sih, haha. Judul coursenya adalah Photography Masterclass: Your Complete Guide to Photography dengan instructor Phil Ebiner dan Sam Shimizu-Jones. Kursus ini untuk pemula dan gratis. Course ini terdiri dari 26 section yang dimulai dari introduction hingga conclusion :)). Selain penjelasan materi, di kursus ini juga ada assisgnment dan quiz jadi kita bisa tau kemampuan kita sudah sejauh mana. 

So far menurutku kursus di Udemy ini asik sih. Memudahkan sekali untuk kita yang ingin belajar sesuatu tanpa harus datang ke tempat kursus langsung. Hanya dengan modal koneksi internet kita bisa belajar apapun yang kita mau. Tertarik untuk mencoba? :)



You May Also Like

5 comments

  1. thanks mba, ternyata ada ya kursus gratisan seperti ini. Sangat bermanfaat untuk menambah skill kita :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2, mba. Iyaa bermanfaat banget, mba :)

      Delete
  2. meluncur sist ... hehe
    kalau mau agak serius bisa ikut di futurelearn.com atau tutsplus.com, bisa diconnect dengan linkedin juga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah thanks infonya, sist. Meluncur daah :)

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete