Hanya Memberi, Tanpa Meminta, Apalagi Menuntut

by - May 19, 2018

Ternyata ungkapan bahwa "cara pandang seseorang terhadap sesuatu berubah seiring pengalaman" itu benar loh. Dulu, aku termasuk orang yang berpegang pada quote "My attitude is based on how you treat me". Jadi, aku memperlakukan orang lain sesuai dengan perlakuan orang itu ke aku. Kalo mereka baik, aku bakalan baik juga ke mereka, pun sebaliknya.

Masalah terjadi ketika aku sudah memperlakukan orang lain dengan baik namun orang tersebut tidak memperlakukanku dengan baik. Ada rasa kesal, kecewa dan marah. Mungkin kalo berani bilang ke orang itu, aku bakalan bilang, "Eh kalo udah dibaikin sama orang tuh harusnya baik juga dong" gitu kali ya. Tapi sayangnya aku gak berani, hehe. Dan populasi orang yang seperti itu (dibaikin tapi gak ngebaikin balik) banyak banget di dunia ini. Kebayang dong udah berapa juta kali aku misuh-misuh gegara hal ini. Bikin pegel hati. Lagian emang salahku juga sih, dengan sikapku yang seperti itu secara gak langsung aku sudah mempersilahkan orang lain untuk memberikan kendali terhadap sikapku (baru sadar beberapa tahun yang lalu --").

Nah, sekitar beberapa tahun ke belakang, saat usiaku semakin banyak, aku sadar kalo sikapku itu gak tepat. Semenjak itu, aku belajar gimana caranya untuk merubah apa yang aku anggap benar sebelumnya dengan apa yang aku anggap benar saat ini. Gak gampang memang, tapi perlu dibiasakan karena aku harus bisa memegang kontrol atas apa yang aku lakukan. Jadi mulai saat itu aku belajar dan berusaha untuk memperlakukan orang lain dengan baik bagaimana pun perlakuan orang itu ke aku. Ya syukur-syukur kalo orang itu memperlakukanku dengan baik juga, kalopun tidak, aku berusaha untuk tidak membalasnya seperti sikapku yang dulu. Aku akan tetap memberi perlakuan yang baik. Karena kita gak bisa meminta dan menuntut orang lain untuk berbuat/ bersikap seperti yang kita inginkan.

Jadi, marilah kita belajar untuk tetap memberi sikap dan perlakuan yang baik kepada orang lain tanpa harus meminta dan menuntut orang tersebut untuk berbuat baik pada kita. Karena saat kita berbuat baik kepada orang lain, sesungguhnya kita sedang berbuat baik pada diri sendiri. Ada sebuah kalimat yang mungkin bisa menjadi motivasi kita untuk tetap berbuat baik bagaimana pun respon orang lain terhadap kita, yaitu "Tidak ada balasan kebaikan kecuali kebaikan (pula)".

Well, let's spread the good vibe, good people

You May Also Like

0 comments